Kamis, 14 April 2016

DTW NTT

Nusa Tenggara Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nusa Tenggara Timur
BenderaLambang
BenderaLambang
Komodo Island north aerial.jpg
Pulau Komodo
Locator ntt final.png
Dasar hukumUU 64/1958
Ibu kotaKupang
Area
 - Total luas48718,10 km2
Populasi
 - Total4683827
Pemerintahan
 - GubernurFrans Lebu Raya
 - Kabupaten21
 - Kota1
 - Kecamatan186
 - Kelurahan2.650
APBD
 - DAURp. 1.003.991.703.000.-
Demografi
 - Suku bangsaAtoni atau Dawan (21%)
Manggarai (15%)
Sumba (13%)
Lamaholot (5%)
Belu (6%)
Rote (5%)
Lio (4%)
Tionghoa (3%)[1]
 - AgamaKatolik Roma (55,85%)
Kristen Protestan (34.06%)
Islam (8.66%)
Hindu (0.21%)
Buddha (0,02%)
Lain-Lain (1.20%)
 - BahasaBahasa Indonesia
Lagu daerahMoree
Situs webwww.nttprov.go.id
Di awal kemerdekaan Indonesia, kepulauan ini merupakan wilayah Provinsi Sunda Kecil[2][3]. yang beribukota di kota Singaraja, kini terdiri atas 3 provinsi (berturut-turut dari barat): BaliNusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
Setelah pemekaran, Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, PulauSabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, di bagian barat pulau Timor.
Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasa dipanggil Timor).
Provinsi ini menempati bagian barat pulau Timor. Sementara bagian timur pulau tersebut adalah bekas provinsi Indonesia yang ke-27, yaitu Timor Timur yang merdeka menjadi negara Timor Leste pada tahun 2002.

Arti lambang[sunting | sunting sumber]

Arti lambang Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah sebagai berikut:
  • Berbentuk perisai dengan sudut lima dengan maksud, selain melambangkan makna perlindungan rakyat juga melambangkanPancasila.
  • Dalam Perisai Berbekas : bintang, Komodo, padi kapas, tombak dan pohon beringin.                                                       
  • Bintang melambangkan keagungan Tuhan yang Maha Esa, komodo (buaya darat) satu-satunya reptil prasejarah yang hingga kini masih lestari. Binatang purba ini merupakan reptil raksasa yang oleh dunia dinyatakan dilindungi karena jenis hewan ini hanya terdapat di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau Komodo. Banyak wisatawan dari seluruh dunia datang ke pulau ini hanya untuk melihat komodo.
  • Padi-kapas melambangkan kemakmuran.
  • Tombak melambangkan keagungan dan kejayaan.
  • Pohon beringin melambangkan persatuan dan kesatuan yang tetap terpelihara.
  • Hari terbentuknya provinsi Nusa Tenggara Timur dilukiskan melalui jumlah padi (14) dan tahun 1958 tertera langsung pada sudut bawah lambang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bentangan kepulauan yang terletak di antara 80-120 Lintang Selatan dan 1180 – 1250 Bujur Timur, mempunyai makna tersendiri terhadap kehidupan banyak orang. Gugusan pulau-pulau tersebut disapa dengan berbagai sebutan, antara lain, "Sunda Kecil, Nusa Tenggara, Nusa Tenggara Timur", dan juga "Flobamora". Sebutan tersebut juga bisa bermakna terdapat banyak suku-suku di wilayah tersebut, namun mempunyai satu tanda kesamaan yaitu sama-sama menyatukan diri sebagai Masyarakat NTT.[4]
Jauh sebelum nama NTT tersebar, gugusan pulau-pulau di selatan Nusantara tersebut telah menjadi perhatian dunia. Harumnya aroma cendana dari Timor telah menerobos sampai Timur TengahTiongkok, dan Eropa, dan berbagai penjuru bumi. Kekuatan aroma cendana tersebut menjadikan para pedagang dari Malaka, Gujarat, Jawa dan Makasar, Tiongkok melakukan pelayaran niaga untuk mencapai wilayah sumber cendana. Dan mereka melakukan kontak dagang secara langsung dengan raja-raja di Timor dan pulau-pulau sekitarnya, sang pemilik wilayah dan pemimpin rakyat.[4]
Catatan sejarah dari Tiongkok, "manuskrip Dao Zhi", sejak tahun 1350 dinasti Sung sudah mengenal Timor dan pulau-pulau sekitar, dan salah satu pelabuhan terkenal di Timor adalah "Batumiao-Batumean Fatumean Tun Am", yang ramai dikunjungi kapal dari Makassar, Malaka, JawaTiongkok dan kemudian Eropa seperti Spanyol, Britania, Portugis, Belanda.
Tahun 1510, Goa, India dikuasai Portugis, mereka melanjutkan eskpansinya dengan cara menguasai Malaka pada tahun 1511. Malaka dijadikan pusat perdagangan serta kekuasaan wilayah Nusantara. Setelah Portugis berhasil mencapai Maluku, Solor (Flores) pada tahun 1511, armada Ferdinand Magellan dengan dua kapal singgah di Alor dan Kupang, Pulau Timor. Dalam penyeberangan ke selat Pukuafu, kedua kapal ini diterjang badai, salah satu kapal hancur dan karam. Jangkar raksasa salah satu kapal ini masih bisa ditemui di pantai Rote. Satu lainnya berhasil lolos dari amukan ombak lalu melanjutkan perjalanan ke Sabu, kemudian ke Tanjung Harapan lalu kembali ke Spanyol.[4]
Ketika Belanda, dengan VOCnya, mencekram Nusantara, tahun 1614, mereka menempatkan Pdt. M van den Broeck di Kupang dan Rote, untuk melayani umat Kristen di sana. Ini juga bermakna, walau VOC masih berusia muda (berdiri 1602), kongsi dagang itu telah menempatkan kantor, benteng, pegawainya di Timor dan pulau-pulau sekitarnya; dan dengan itu perlu seorang pendeta sebagai pemelihara rohani. Pada era V0C, tahun 1600 – 1799, dan bahkan sampai tahun 1900, tidak banyak catatan sejarah yang bisa menjadi pengetahuan publik; dan sekaligus bisa menjadi tambahan pengetahuan terhadap Masyarakat NTT.
Belanda waktu itu masih dikuasai oleh pemerintah boneka dari kekaisaran Prancis dibawah Napoleon. Keadaan tersebut dimanfaatkan Britania untuk memperluas jajahannya dengan merebut jajahan Belanda. Armada Britania mengganggu daerah kekuasaan Belanda, sehingga pada tahun 1799 hampir seluruh wilayah Indonesia (kecuali Jawa, Palembang, Banjarmasin dan Timor) jatuh dalam kekuasaan Britania. Dua kapal Britania memasuki pelabuhan Kupang pada l0 Juni l797, namun berhasil dipukul mundur olehGreving yang mengarahkannya pada Mardijkers. Saat VOC dibubarkan pada tahun 1799, segala hak dan kewajiban Indonesia diambil alih oleh pemerintah Belanda. Peralihan ini tidak membawa perubahan apapun, karena pada waktu itu Belanda menghadapi perang yang dilancarkan oleh negara tetangga.[4]
Di era kolonial sampai 1942, rakyat NTT, harus terbagi-bagi sesuai keinginan Belanda, dalam bentuk Raja – Swapraja, fetor – Kefetoran, dan seterusnya; dan kemudian menjadi daerah taklukan di bawah pemerintahan residen. Ketika Jepang berkuasa di Nusantara, wilayah NTT yang strategis, ditata ulang sebagai basis pertahanan. Penataan administrasi pemerintahan pun nyaris tidak mengalami perubahan, hanya ada perubahan istilah.[4]
Ketika Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, NTT sebagai bagian Nusantara yang dijajah Belanda, bebas dari cengkraman kolonial. Akan tetapi, karena keinginan Belanda untuk tetap berkuasa di Nusantara termasuk NTT, maka mereka melakukan berbagai upaya untuk tetap berada di bumi NTT. Keadaan tersebut, membangkitkan semangat “Nasionalisme – Kebebasan – Kemerdekaan NTT” pada dalam diri Rakyat NTT. Semangat yang tak pantang menyerah tersebut melahirkan Pemerintahan Negara Indonesia Timur dan Pemerintahan Otonom NTT. Bisa dikatakan, status NTT hampir sama dengan Yogyakarta pada waktu itu, yang menyatakan diri setia kepada Soekarno–Hatta. Perjuangan yang gigih Rakyat NTT tidak berhenti, dan juga tidak pernah terbit dalam pikiran untuk melepaskan diri dari RI, yang baru merdeka. Ada semangat kesatuan Indonesia pada jiwa dan darah A.H. KorohI.H. DokoTh. OematanPastor Gabriel ManekDrs. A. RotiY.S. Amalo, agar NTT tidak berada dalam kekuasaan penjajah, tetapi menjadi bagian dari RI. Ketika Indonesia masih belum berdiri tegak, NTT menjadi bagian dari Provinsi Administratif dengan nama "Provinsi Sunda kecil". Nama "Sunda kecil" kemudian diganti dengan nama "Nusa Tenggara", berdasarkan peraturan pemerintah No. 21 tahun 1950. Tidak lama setelah itu, pada tahun 1957berlaku UU No. 1 tahun 1957 tentang pokok-pokok Pemerintahan Daerah dan dengan UU No. 64, tahun 1958, sehingga "Provinsi Nusa Tenggara" dibagi menjadi tiga Daerah Swatantra Tingkat 1, yaitu masing-masing Swatantra Tingkat 1 BaliNusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Sejak 20 Desember 1958, pulau FloresSumbaTimor, dan pulau-pulau sekitarnya menjadi salah satu bagian dari provinsi.[4]

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Kabupaten dan Kota[sunting | sunting sumber]

No.Kabupaten/KotaPusat pemerintahanBupati/Wali KotaKecamatanKelurahan/desaLogo
East Nusa Tenggara COA.svg
Lokasi
1Kabupaten AlorKalabahiSimeon Th. Pally17Desa
Lambang Kabupaten Alor.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Alor.svg
2Kabupaten BeluAtambuaWillybrodus Lay2412/196
Lambang Kabupaten Belu.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Belu.svg
3Kabupaten EndeEndeMarselinus YW Petu40Desa
Lambang Kabupaten Ende.png
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Ende.svg
4Kabupaten Flores TimurLarantukaYosep Lagadoni Herin1921
Lambang Kabupaten Flores Timur.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Flores Timur.svg
5Kabupaten KupangOelamasiAyub Titu Eki2422/218
Lambang Kabupaten Kupang.png
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Kupang.svg
6Kabupaten LembataLewolebaEliaser Yentji Sunur9144
Lambang Kabupaten Lembata.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Lembata.svg
7Kabupaten MalakaBetunStefanus Bria Seran12127
Lambang Kabupaten Malaka.png
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Malaka.svg
8Kabupaten ManggaraiRutengDeno Kamelus917/132
Lambang Kabupaten Manggarai.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Manggarai.svg
9Kabupaten Manggarai BaratLabuan BajoAgustinus C. Dulla10Desa
Lambang Kabupaten Manggarai Barat.png
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Manggarai Barat.svg
10Kabupaten Manggarai TimurBorongYoseph Tote610/104
Lambang Kabupaten Manggarai Timur.png
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Manggarai Timur.svg
11Kabupaten NgadaBajawaMarianus Sae9Desa
Lambang Kabupaten Ngada.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Ngada.svg
12Kabupaten NagekeoMbayElias Jo790
Lambang Kabupaten Nagekeo.png
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Nagekeo.svg
13Kabupaten Rote NdaoBaaLeonard Haning10Desa
Lambang Kabupaten Rote Ndao.jpeg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Rote Ndao.svg
14Kabupaten Sabu RaijuaSebaMarthen Dira Tome6Desa
Lambang Kabupaten Sabu Raijua.png
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Sabu Raijua.svg
15Kabupaten SikkaMaumereYoseph Ansar Rera2113/147
Lambang Kabupaten Sikka.png
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Sikka.svg
16Kabupaten Sumba BaratWaikabubakAgustinus Niga Dapawole12Desa
Lambang Kabupaten Sumba Barat.gif
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Sumba Barat.svg
17Kabupaten Sumba Barat DayaTambolakaMarkus Dairo Talu1195
Lambang Kabupaten Sumba Barat Daya.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Sumba Barat Daya.svg
18Kabupaten Sumba TengahWaibakulUmbu Sappi Pateduk543
Lambang Kabupaten Sumba Tengah.png
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Sumba Tengah.svg
19Kabupaten Sumba TimurWaingapuGidion Mbiliyora22Desa
Lambang Kabupaten Sumba Timur.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Sumba Timur.svg
20Kabupaten Timor Tengah SelatanSoePaulus Victor Rolland Mella32Desa
Lambang Kabupaten Timor Tengah Selatan.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Timor Tengah Selatan.svg
21Kabupaten Timor Tengah UtaraKefamenanuRaymundus Sau Fernandes9Desa
Lambang Kabupaten Timor Tengah Utara.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kabupaten Timor Tengah Utara.svg
22Kota Kupang-Jonas Salean651/-
Lambang Kota Kupang.jpg
Lokasi Nusa Tenggara Timur Kota Kupang.svg

Daftar gubernur[sunting | sunting sumber]

NoGubernurMulai JabatanAkhir JabatanKet.Wakil
Gubernur
1
Gubernur-NTT-WJ-Lalamentik.jpgJ. Lala Mentik
1960
1965
[ket. 1]
Tidak ada
2
Gubernur-NTT-El-Tari.jpgEl Tari
1966
1978
[ket. 2]
*
Wang Suwandi.jpgWang Suwandi
April 1978
16 Juni 1978
[ket. 3]
3
Ben mboi.jpgBen Mboi
1978
1983
[ket. 4]
1983
1988
G. Boeky
(1986–1991)
4
Gubernur-NTT-Hendrikus-Fernandez.jpgHendrik Fernandez
1988
1993
[ket. 5]
S. H. M. Lerick
(1991–1996)
5
Mayjen TNI Herman Musakabe.jpgHerman Musakabe
1993
1998
[ket. 6]
Piet Alexander Tallo
(1996–1998)
6
Gubernur-NTT-Piet-A-Tallo.jpg
Piet Alexander Tallo
1998
2003
Johanes Pake Pani
2003
2008
[ket. 7]
Frans Lebu Raya
7
A lebu raya.jpgFrans Lebu Raya
16 Juli 2008
16 Juli 2013
[ket. 8]
Esthon L. Foenay
16 Juli 2013
sekarang
[5]
Benny A. Litelnoni

Populasi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk di provinsi ini adalah 4.683.827 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 2,07%. Jumlah penduduk laki-laki sebanyak 2.326.487 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 2.357.340 jiwa (2010). Kepadatan penduduk di Nusa Tenggara Timur sebesar 96 jiwa/km2, dengan presentasi penduduk yang tinggal di perkotaan kurang lebih 20%, dan sisanya sebesar 80% mendiami kawasan pedesaan. Sebagian besar penduduk beragama Kristen dengan rincian persentase kurang lebih sebagai berikut Katolik54,14% Protestan 34,74%, Islam 9,05% , Hindu 0,11% Buddha 0,01% dan sebanyak 1,73% menganut agama dan kepercayaan lainnya.
Nusa Tenggara Timur menjadi tempat perlindungan untuk kalangan Kristen di Indonesia yang menjauhkan diri dari konflik agama di Maluku dan Irian Jaya.
Tingkat pendaftaran sekolah menengah adalah 39% yang jauh dibawah rata-rata Indonesia, yaitu 80.49% tahun 2003/04 (menurut UNESCO). Minuman berupa air bersih, sanitasi dan kurangnya sarana kesehatan menyebabkan terjadinya kekurangan gizi anak (32%) dan kematian bayi (71 per 1000) juga lebih besar dari kebanyakan provinsi Indonesia lainnya.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Menurut berbagai standar ekonomi, ekonomi di provinsi ini lebih rendah daripada rata-rata Indonesia, dengan tingginya inflasi (15%), pengangguran (30%) dan tingkat suku bunga (22-24%).

Kepulauan[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang didominasi oleh kepulauan, tiga pulau utama di wilayah ini adalah Pulau Flores, PulauSumba, dan Pulau Timor Barat.
Sedangkan pulau-pulau lain di antaranya adalah Pulau-pulau AdonaraAlorBabiBesarBidadariDanaKomodoRincaLomblenLorenNdaoPaluePamanaPamana BesarPantarRusaRaijuaRote (pulau terselatan di Indonesia), SawuSemau dan Solor.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]


Komodo spesies kadal terbesar di dunia

Danau Kelimutu

Rumah adat Bondokodi Sumba

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

UtaraLaut Flores
SelatanSamudra Hindia
BaratProvinsi Nusa Tenggara Barat
TimurTimor LesteProvinsi Maluku, dan Laut Banda

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Sasando, instrumen musik petik dari daerah ini
  • Pasola, permainan lempar lembing dari atas kuda
  • Padoa








Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Nusa_Tenggara_Timur








12 Tempat Wisata yang Terkenal di Nusa Tenggara Timur
12 Tempat Wisata yang Terkenal di Nusa Tenggara Timur - Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi yang terletak di tenggara Indonesia dengan ibukota Kupang. Provinsi Nusa Tenggara Timur mempunyai kenampakan alam yang sangat luar biasa, dengan pantai - pantai yang indah dan pasir putih dan air lautnya yang jernih sehingga membuat para wisatawan kagum akan wisata alam di Nusa Tenggara Timur. Berikut adalah tempat wisata di Nusa Tenggara Timuryang menarik untuk anda kunjungi.

1. Pantai Lasiana
Pantai Lasiana
Pantai Lasiana
Pantai Lasiana adalah pantai unggulan di Kupang. Pantai ini mempunyai pasir putih dan hanparan batu karang yang ada di tepi pantai. Di sekeliling Pantai Lasiana terdapat pohon kelapa. Dapat dikatakan Pantai Laksana merupakan Brazilnya Indonesia. Pantai Lasiana sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

2. Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang memliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Air pantai ini berwarna biru cerah dan agak kehijauan. Pantai ini dikelilingi karang yang besar. Disebut Pasir Panjang karena pasir di sekitar pantai ini panjang dan luas.

3. Pulau Komodo
Pulau Komodo
Pulau Komodo
Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. di Pulau Komodo ini dikenal sebagai habitat asli hewan komodo yang ada di daerah ini, danm merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu pulau ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo . Pulau Komodo berlokasi di sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan Selat Sape, Kec. Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Timor
Pantai Timor
Pantai Timor
Pantai Timor ini tak jauh dari Kampung Solor. Jika anda ingin menikmati pemandangan Pantai Timor, anda cukup membayar Rp. 1000 sudah dapat menikmati keunikan lumut yang tumbuh liar di batu karang dan memberikan kesan misterius. Pantai ini mempunyai pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

5. Pantai Tablolong
Pantai Tablolong
Pantai Tablolong
Lokasi pantai  Tablolong agak jauh dari kota Kupang. Pantai Tablolong mempunyai keunikan tersendiri yaitu warna pasir pantainya yang berwarna merah jambu. Untuk biaya masuk, anda cukup membayar Rp. 5000 fanda sudah bisa menikmati indahnya suasana pantai dan pepohonan yang tumbuh di tas karang. Warna air di pantai ini juga unik, yaitu hijau dan biru.

6. Pantai Neam
Pantai Neam
Pantai Neam
Pantai Neam lebih cocok disebut pantai tanpa nama. Perlu banyak waktu untuk bisa menemukan lokasi pantai ini, kurang lebih sekitar 3 jam dan cukup menguras banyak tenaga. Perjalanan menuju pantai ini, anda harus melewati hutan belantara. Pasir di Pantai Neam mirip seperti pasir gurun Sahara dengan versi pantai. Keindahan pantai ini terletak pada ombaknya dan panorama sunset yang menutup gunung karang.

7. Pulau Kera
Pulau Kera
Pulau Kera
Pulau Kera terletak di tengah laut luas dan dapat anda lihat dari tepi pantai Kupang. Anda harus menggunakan perahu nelayan untuk sampai di Pulau ini, dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam.
Di  Pulau Kera terdapat pasir putih dengan campuran merah karang yang terpadu warna air laut yang biru sedikit kehijauan dan keungunan.

8. Pulau Semau
Pulau Semau
Pulau Semau
Pulau Semau memiliki pantai yang berpasir putih dan suasana yang cukup mistis. Di Pulau Semau terdapat mata air yang berbentuk kolam dan dikelilingi oleh pepohonan. Anda bisa mandi atau sekedar berendam di kolam mata air ini untuk merasakan kesegaran airnya.

9. Pantai Kolbano
Pantai Kolbano
Pantai Kolbano
Pantai Kolbano dipenuhi bebatuan. Yang paling menarik dari pantai ini adalah tidak ada pasir terhampar di pantai ini. Hanya ada bebatuan yang berwarna warni di sepanjang tepi pantai ini. Untuk menuju lokasi pantai, anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 4 jam dari Kupang lalu melewati Timor Selatan.

10. Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu ternyata juga mempuyai objek wisata air terjun yang sangat cantik. Air terjun ini sangat unik karena memiliki batuan yang mirip singa dan mulut gorila. Suasana di lokasi air terjun sangat sejuk karena dipenuhi banyak pepohonan.

11. Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala mempunyai bentuk yang unik seperti kasur. Banyak pepohonan di sekitar air terjun ini sehingga menimbulkan suasana yang sejuk. Air di sana sangat segar, pastinya anda tak mau ketinggalan menikmati keindahan air terjun ini dengan airnya yang sangatsegar.

12. Danau Kelimutu
Danau Kelimutu
Danau Kelimutu
Danau Lelimutu adalah danau kawah yang berlokasi di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini berlokasi di Desa Pemo, Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau ini dikenal dengan Danau Tiga Warna karena mempunyai 3 warna yang berbeda, yakni merah, biru, dan putih.
Sumber : http://masdonie.blogspot.co.id/2014/11/12-tempat-wisata-yang-terkenal-di-nusa-tenggara-timur.html

8 TEMPAT WISATA EKSOTIS DI KUPANG


15 Votes

Hello World!!
Bicara tentang pariwisata Indonesia tidak ada habisnya karena negara kita tercinta ini dianugerahi kekayaan alam indah yang berlimpah ruah. Banyak tempat wisata yang menjadi pilihan bagi traveller dan patut dicoba jalan-jalan ala Backpacker ke Indonesia bagian Timur, “Kupang, Nusa Tenggara Timur”.
Kupang ialah ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki keindahan alam yang luar biasa meskipun sebahagian besar kurang dikelola namun begiitu indah khususnya daerah pantainya memiliki pasir putih dan air laut sebiru langit membuat setiap orang takjub melihatnya.
Bagi yang belum atau yang sudah  atau yang akan berniat menjelajah Nusa Tenggara Timur, harus mencicipi pariwisata yang ada di Kupang. Untuk Backpacker Indonesia si Boru Batak😀 memberikan referensi tempat yang eksotis yang ada di Kupang. ‘Kan ada kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Kenalilah pariwisata Indonesia, dunia pada umumnya untuk melihat betapa luasnya dunia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ini (ehmm sedikit berceramah teman :D).
Nah untuk membantu traveller atau keluarga yang hanya sekedar rekreasi atau kunjungan ada 8 tempat wisata eksotis di Kupang yang bisa jadi pilihan untuk dikunjungi.
8  Tempat Wisata Eksotis di Kupang
1. Pantai Lasiana
Pantai Lasiana merupakan pantai unggulan yang ada di Kupang. Pantai dengan pasir putih dan serangkain karang  di tepi pantai serta disekelilingnya terdapat pohon kelapa, serasa berada di Brazil ini Brazilnya Indonesia:). Tapi jangan heran jika tempatnya tidak terlalu di kelola dengan baik. Ironis memang tempat seindah Lasiana tidak dikelola dengan baik. Cukup bayar Rp 1000 untuk tiket masuk ke pantai Lasiana maka kita bisa merasakan keeksotisnya sunsetnya yang berwarna orange tenggelam di lautan.
Pantai Lasiana, Kupang
Pantai Lasiana, Kupang
2. Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang merupakan pantai yang berada di kota Kupang dan tidak perlu biaya untuk masuk. Keunikan dan keeksotisan dari pantai Pasir panjang terletak di warna airnya yang biru cerah dan sedikit warna hijau yang disekelilingnya karang besar. Dinamakan pantai pasir panjang karena pasirnya yang luas dan panjang disekitar sisi pantai. Sayangnya tidak ada tempat untuk membuat tikar, jika ingin duduk maka pilihan satu-satunya duduk diatas pasir pantai.
Pantai Pasir Panjang Kupang
Pantai Pasir Panjang Kupang
3. Pantai Timor
Pantai Timor berlokasi tak jauh dari Kampung Solor Kupang dan cukup membayar Rp 1000 maka kita bisa menikmati keesksotisan lumut yang tumbuh di batu karang tersusun acak menambah kemisteriusan Pantai Timor. Tak kalah indah sunset di Pantai Timor. Di Pantai Timor terdapat warung dan tempat duduk jadi tidak usah khawatir karena menikmati keindahan pantai dengan nyaman.
Pantai Timor Lasiana
Pantai Timor Lasiana
3. Pantai Tablolong
Pantai Tablolong terletak agak jauh dari Kota Kupang ditempuh sekitar 2 jam dengan motor dari daerah Tenau, Kupang. Keunikan dan Eksotisme pariwisata pantai Tablolong terletak di warna pasir yang kemerah jambuan dengan dua warna air laut, biru dan hijau. Cukup membayar tiket masuk ke  Pantai Tablolong seharga Rp5000 dan kita menikmati suasa pantai yang dengan pohon yang mirip bonsai tumbuh di atas karang, ajaib bukan? aku sangat heran kok bisa yah pohon tumbuh di atas karang? Itulah keeksotisan Pantai Tablolong Kupang.
pantai tablolong kupang
pantai tablolong kupang

4. Pantai Neam
Pantai Neam lebih cocol dibilang dengan pantai tanpa nama, karena menemukan pantai yang satu ini cukup menguras jejak petualangan kita :D… Karena untuk menempuh pantai Neam membutuhkan perjuangan Traveller dan Bolang sejati. Kita harus melewati pedesaan yang pintunya dituutp, jalan yang berliku-liku dan waktu sekitar 3 jam dari Kupang serta melewati hutan belantara. Menjelajah pantai Neam meningkatkan adrenalin berpetualang kita.  Perjuangan ke Pantai Neam sangatlah worth it karena kita bisa melihat sebuah gua misterius, pulau dikelilingi Pepohonan yang mirip dengan Pulau Phi-Phi di Thailand serta pasirnya yang seperti Pasir Sahara namun vesi Pantai. Keeskotisan dan keunikan Pantai Neam Kupang terletak pada ombaknya ynag besar serta sunset yang menutupi gunung karang.
Pantai neam
Pantai neam
5. Pulau Kera
Pulau Kera merupakan Pulau yang berada yang berada di tengah Lautan luas yang bisa kita lihat dari tepi sepanjang pantai Kupang. Pulau Kera juga sangat menarik dan unik dan bisa meningkatkan gairah petualangan menjelajah karena untuk sampai di Pulau Kera harus memakai perahu Nelayan yang bisa disewa dan membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai dengan perahu kecil nelayan. Diseberangi dengan perahu kecil yang bergerak yang membuat kita khawatir akan tenggelam khususnya aku yang tidak bisa berenang heheh😀.. Di Pulau Kera terdapat pasir putih seputih salju dengan campuran merah karang dengan warna laut yang biru, hijuan dan keungu-unguan. Penduduk sekitar memiliki rumah seadanya dengan atap seadanya, hidup dengan standar hidup yang sederhana.  Saran jika ingin mengunjungi Pulau Kera sebaiknya bawalah makanan yang banyak dan berbagilah denganwarga sekitar yang ramah.
Pulau Kera, Kupang
Pulau Kera, Kupang
6. Pulau Semau
Pulau Semau yang tak jauh dengan Pulau Kera juga memiliki keeksotisan tersendiri dan keunikan yang membuat backpacker rela-real menaungi lautan yang luas hanya untuk sekedar melihat pantai putih atau sekedar merasakan suasa Pulau Semau yang mistis. Di Pulau Semau terdapat sebuah mata air yang berbentuk kolam yang airnya segar dan disekelilingnya pepohonan dan tidak perlu khawatir karena di tidak perlu membayar biaya untuk mandi di kloma mata air.
6. Kolbano
Kolbano merupakan nama Pantai dipenihi bebatuan dan uniknya tidak ditemukan pasir. Disepanjang tepi pantai dipenuhi oleh bebatuan berwarna-warni. Untuk sampai di Kolbano membutuhkan waktu 4 jam dari Kupang melalui Kabupaten Timor Selatan. Terdapat gunung dengan batuan besar yang eksotis. Dan ketika memanjat ke Gunung ini akan terlihat jelas keindahan pesisir pantai Kolbano.
kolbano kupang
kolbano kupang
6. Air Terjun Oenesu
Ternyata Kupang tidak hanya melulu pantai loh, Air Terjun juga ada yang berjarak hanya 17 km dari kota Kupang. Keunikan air terjun Oenesu pada batuan yang mirip singa dan mulut gorilla, eksotis bukan?. Daerahnya sejuk dan dipenuhi pepohonan. Untuk memasuki air terjun oenesu cukup membayar tiket masuk seharga Rp5000.,

Oenesu

7. Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala yang berada di 13 km dari Soe. Jarak Soe-Kupang sekitar 2-3 jam. Air Terjun Oehala memiliki keunikan dari bentuknya yang mirip kasur tempat tidur dan dipenuhi dengan pepohonan. Air Terjun Oehala sangat sejuk dan disekitranya terdapat gajebo dan kita harus melewati tangga. Kesegaran air dan hijanya pemandangan sekitar membuat kita serasa refresh!
Air Terjun Oehala patut untuk dikunjungi!

Air Terjun Oehala, Kupang
8. Gua Kristal
Gua Krital sangat menakjubkan karena siapa akan sangka ada sebuah gua yang berisi air yang warnanya sebening kristal sehingga kita bisa melihat dasar gua! Gua kristal memiliki air yang tidak asin padahal gua kristal menyatu dengan laut. Untuk sampai ke Gua kristal melalui Bolok dan melewati jalanan karang dan pintu masuk ke Gua Cristal terdiri dari batuan yang pecah dan menyatu membentuk pintu kecil seukuran badan manusia. Airnya dingin dan disekelilingnya batu besar yang berwarna cokelat. Waktu yang eksotis untuk dikunjungi ilah saat siang hari karena matahari langsung menyinari air dan membuatnya berkilauan.
Sumber : https://winnymarlina.com/2013/03/01/8-tempat-wisata-eksotis-di-kupang/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar