Rabu, 13 April 2016

DTW NTB

Nusa Tenggara Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nusa Tenggara Barat
BenderaLambang
BenderaLambang
Locator ntb final.png
Ibu kotaMataram
Area
 - Total luas20153,15 km2
Populasi
 - Total4500212
Pemerintahan
 - Gubernur [1]
 - Wakil GubernurH. Muhammad Amin, S.H, M.Si.
 - Kabupaten7
 - Kota2
 - Kecamatan116
 - Kelurahan960
APBD
 - DAURp. 859.353.026.000.-
Demografi
 - Suku bangsaSasak (68%), Bima (14%),Sumbawa (8%), Bali (3%),Dompu (3%), Jawa (2%)[2]
 - AgamaIslam (96%), Hindu (3%),Buddha (0.5%), Kristen(0.5%)
 - BahasaIndonesia,Sasak,Samawa,Mbojo
Lagu daerahOrlen-orlen
Situs webwww.ntbprov.go.id
Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalamKepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang biasa disingkat NTB ini memiliki 10 Kabupaten/Kota.
Di awal kemerdekaan Indonesia, wilayah ini termasuk dalam wilayah Provinsi Sunda Kecil[3][4] yang beribukota di Singaraja. Kemudian, wilayah Provinsi Sunda Kecil dibagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Saat ini nama "Nusa Tenggara" digunakan oleh dua daerah administratif: Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombokyang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Mataram yang berada di Pulau Lombok.
Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam (96%).[butuh rujukan]

Arti Lambang[sunting | sunting sumber]

Berlatar belakang perisai sebagai gambaran jiwa pahlawan, lambang Nusa Tenggara Barat terdiri dari 6 unsur, yakni: bintang, kapas dan padi, menjangan gunung dan kubah.
  • Bintang melambangkan 5 sila dari Pancasila, kapas dan padi selain melambangkan kemakmuran juga melambangkan tanggal terbentuknya provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu 14 Agustus 1958.
  • Hari tersebut dengan diungkapkan secara simbolik dengan jumlah kuntum dan untaian padi 58.
  • Rantai terdiri dari 4 berbentuk bulat dan 5 berbentuk segi empat, melambangkan tahun 45 (1945) sebagai tahun kemerdekaan RI.
  • Menjangan merupakan salah satu satwa yang banyak berada di Pulau Sumbawa.
  • Gunung yang berasap melukiskan kemegahan gunung Rinjani sebagai gunung tertinggi di Lombok.
  • Kubah melambangkan ketaatan beragama masyarakat provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keberadaan status provinsi, bagi NTB tidak datang dengan sendirinya. Perjuangan menuntut terbentuknya Provinsi NTB berlangsung dalam rentang waktu yang cukup lama. Provinsi NTB, sebelumnya sempat menjadi bagian dari Negara Indonesia Timur dalam konsepsi Negara Republik Indonesia Serikat,dan menjadi bagian dari Provinsi Sunda kecil setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia.
Seiring dinamika zaman dan setelah mengalami beberapa kali proses perubahan sistem ketatanegaraan pasca diproklamasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia, barulah terbentuk Provinsi NTB. NTB, secara resmi mendapatkan status sebagai provinsi sebagaimana adanya sekarang, sejak tahun 1958, berawal dari ditetapkannya Undang-undang Nomor 64 Tahun 1958 Tanggal 14 Agustus 1958 tentang Pembentukan Daerah-daerah Swatantra Tingkat I Bali, NTB dan NTT, dan yang dipercayakan menja di Gubernur pertamanya adalah AR. Moh. Ruslan Djakraningrat.
Walaupun secara yuridis formal Daerah Tingkat I NTB yang meliputi 6 Daerah Tingkat II dibentuk pada tanggal 14 Agustus 1958, namun penyelenggaraan pemerintahan berjalan berdasarkan Undang- undang Negara Indonesia Timur Nomor 44 Tahun 1950, dan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1957 tentang Pokok-pokok Pemerintahan Daerah. Keadaan yang tumpang tindih ini berlangsung hingga tanggal 17 Desember 1958, ketika Pemerintah Daerah Lombok dan Sumbawa di likuidasi. Hari likuidasi inilah yang menandai resmi terbentuknyaProvinsi NTB. Zaman terus berganti, konsolidasi kekuasaan dan pemerintahanpun terus terjadi.
Pada tahun 1968 dalam situasi yang masih belum menggembirakan sebagai akibat berbagai krisis nasional yang membias ke daerah, gubernur pertama AR. Moh. Ruslan Tjakraningrat digantikan oleh HR.Wasita Kusuma. Dengan mulai bergulirnya program pembangunan lima tahun tahap pertama (pelita I) langkah perbaikan ekonomi, sosial, politik mulai terjadi. Pada tahun 1978 H.R.Wasita Kusuma digantikan H.Gatot Soeherman sebagai Gubernur Provinsi NTB yang ketiga. Dalam masa kepemimpinannya, usaha-usaha pembangunan kian dimantapkan dan Provinsi NTB yang dikenal sebagai daerah minus, berubah menjadi daerah swasembada. Pada tahun 1988 Drs. H. Warsito, SH terpilih memimpin NTB menggantikan H. Gatot Soeherman. Drs.H.Warsito, SH mengendalikan tampuk pemerintahan di Provinsi NTB untuk masa dua periode, sebelum digantikan Drs. H. Harun Al Rasyid, M.Si pada tanggal 31 Agustus 1998.
Drs. H. Harun Al Rasyid M.Si berjuang membangun NTB dengan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui Program Gema Prima. Tahun 2003 hingga 1 september 2008 Drs. H. Lalu Serinatadan wakil Gubernur Drs.H.B. Thamrin Rayes memimpin NTB. Pada masa ini berbagai macam upaya dilakukan dalam membangun NTB dan mengejar ketertinggalan diberbagai bidang dan sektor. Di zaman ini,sejumlah program diluncurkan, seperti Gerbang E-Mas dengan Program Emas Bangun Desa. Selain itu, pada masa ini pembangunan Bandara Internasional Lombok di Lombok Tengah mulai terealisasi dan rampung pada pertengahan 2009.
Dalam usianya yang ke-52 Provinsi NTB kini dipimpin oleh Gubernur Dr. KH. M. Zainul Majdi dan Wakil Gubernur Ir. H. Badrul Munir, MM. Pada tahun 2010 ini, kedua pasangan pemimpin menggenapkan dua tahun pemerintahannya di Provinsi NTB untuk mengemban amanah dan harapan masyarakat Nusa Tenggara Barat dalam mencapai kesejahteraan dan pembangunan daerah menuju NTB yang Beriman dan Berdaya Saing.

Masuknya Islam[sunting | sunting sumber]

Belakangan, ketika Kerajaan ini dipimpin oleh Prabu Rangkesari, Pangeran Prapen, putera Sunan Ratu Giri datang mengislamkan kerajaan Lombok. Dalam Babad Lombok disebutkan, pengislaman ini merupakan upaya dari Raden Paku atau Sunan Ratu Giri dari Gersik, Surabaya yang memerintahkan raja-raja Jawa Timur dan Palembang untuk menyebarkan Islam ke berbagai wilayah di Nusantara.[butuh rujukan]
"Susuhnii Ratu Giri memerintahkan keyakinan baru disebarkan ke seluruh pelosok. Dilembu Manku Rat dikirim bersama bala tentara ke Banjarmasin, Datu bandan di kirim ke Makasar, Tidore, Seram dan Galeier dan Putra Susuhunan, Pangeran Prapen ke Bali, Lombok dan Sumbawa. Prapen pertama kali berlayar ke Lombok, di mana dengan kekuatan senjata ia memaksa orang untuk memeluk agama Islam. Setelah menyelesaikan tugasnya, Prapen berlayar ke Sumbawa dan Bima. Namun selama ketiadaannya, karena kaum perempuan tetap menganut keyakinan Pagan, masyarakat Lombok kembali kepada faham pagan. Setelah kemenangannya di Sumbawa dan Bima, Prapen kembali dan dengan dibantu oleh Raden Sumuliya dan Raden Salut, ia mengatur gerakan dakwah baru yang kali ini mencapai kesuksesan. Sebagian masyarakat berlari ke gunung-gunung, sebagian lainnya ditaklukkan lalu masuk Islam dan sebagian lainnya hanya ditaklukkan. Prapen meninggalkan Raden Sumuliya dan Raden Salut untuk memelihara agama Islam dan ia sendiri bergerak ke Bali, di mana ia memulai negosiasi (tanpa hasil) dengan Dewa Agung Klungkung."

Sementara di Kerajaan Lombok, sebuah kebijakan besar dilakukan Prabu Rangkesari dengan memindahkan pusat kerajaan ke Desa Selaparang atas usul Patih Banda Yudadan Patih Singa Yuda. Pemindahan ini dilakukan dengan alasan letak Desa Selaparang lebih strategis dan tidak mudah diserang musuh dibandingkan posisi sebelumnya.
Menurut Fathurrahman Zakaria, dari wilayah pusat kerajaan yang baru ini, panorama Selat Alas yang indah membiru dapat dinikmati dengan latar belakang daratan Pulau Sumbawa dari ujung utara ke selatan dengan sekali sapuan pandangan. Dengan demikian semua gerakan yang mencurigakan di tengah lautan akan segera dapat diketahui. Wilayah ini juga memiliki daerah belakang berupa bukit-bukit persawahan yang dibangun dan ditata rapi bertingkat-tingkat sampai hutan Lemor yang memiliki sumber air yang melimpah.
Di bawah pimpinan Prabu Rangkesari, Kerajaan Selaparang berkembang menjadi kerajaan yang maju di berbagai bidang. Salah satunya adalah perkembangan kebudayaan yang kemudian banyak melahirkan manusia-manusia sebagai khazanah warisan tradisional masyarakat Lombok hari ini. ahli sejarah berkebangsaan Belanda L. C. Van den Berg menyatakan bahwa, berkembangnya Bahasa Kawi sangat memengaruhi terbentuknya alam pikiran agraris dan besarnya peranan kaum intelektual dalam rekayasa sosial politik di Nusantara, Fathurrahman Zakaria (1998) menyebutkan bahwa para intelektual masyarakat Selaparang dan Pejanggik sangat mengetahui Bahasa Kawi. Bahkan kemudian dapat menciptakan sendiri aksara Sasak yang disebut sebagai jejawen. Dengan modal Bahasa Kawi yang dikuasainya, aksara Sasak dan Bahasa Sasak, maka para pujangganya banyak mengarang, menggubah, mengadaptasi atau menyalin manusia Jawa kuno ke dalam lontar-lontar Sasak. Lontar-lontar dimaksud, antara lain Kotamgama, Lapel Adam, Menak Berji, Rengganis dan lain-lain. Bahkan para pujangga juga banyak menyalin dan mengadaptasi ajaran-ajaran sufi para walisongo, seperti lontar-lontar yang berjudul Jatiswara, Lontar Nursada dan Lontar Nurcahya. Bahkan hikayat-hikayat Melayu pun banyak yang disalin dan diadaptasi, seperti Lontar Yusuf, Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Sidik Anak Yatim dan sebagainya.
Dengan mengkaji lontar-lontar tersebut, menurut Fathurrahman Zakaria (1998) kita akan mengetahui prinsip-prinsip dasar yang menjadi pedoman dalam rekayasa sosial politik dan sosial budaya kerajaan dan masyarakatnya. Dalam bidang sosial politik misalnya, Lontar Kotamgama lembar 6 lembar menggariskan sifat dan sikap seorang raja atau pemimpin, yakni Danta, Danti, Kusuma dan Warsa.
  • Danta artinya gading gajah, apabila dikeluarkan tidak mungkin dimasukkan lagi.
  • Danti artinya ludah, apabila sudah dilontarkan ke tanah tidak mungkin dijilat lagi.
  • Kusuma artinya kembang, tidak mungkin kembang itu mekar dua kali.
  • Warsa artinya hujan, apabila telah jatuh ke bumi tidak mungkin naik kembali menjadi awan.
Itulah sebabnya seorang raja atau pemimpin hendaknya tidak salah dalam perkataan.
Selain itu, dalam lontar-lontar yang ada diketahui bahwa istilah-istilah dan ungkapan yang syarat dengan ide dan makna telah dipergunakan dalam bidang politik dan hukum, misalnya kata hanut (menggunakan hak dan kewajiban), tapak (stabil), tindih (bertata krama), rit (tertib), jati (utama),tuhu (sungguh-sungguh), bakti (bakti, setia) atau terpi (teratur). Dalam bidang ekonomi, seperti itiq (hemat), loma (dermawan), kencak (terampil) atau genem (rajin).[butuh rujukan]
Kemajuan Kerajaan Selaparang ini membuat kerajaan Gelgel di Bali merasa tidak senang. Gelgel yang merasa sebagai pewaris Majapahit, melakukan serangan ke Kerajaan Selaparang pada tahun 1520, akan tetapi menemui kegagalan. Mengambil pelajaran dari serangan yang gagal pada 1520, Gelgel dengan cerdik memaanfaatkan situasai untuk melakukan infiltrasi dengan mengirimkan rakyatnya membuka pemukiman dan persawahan di bagian selatan sisi barat Lombok yang subur. Bahkan disebutkan, Gelgel menempuh strategi baru dengan mengirim Dangkiang Nirartha untuk memasukkan faham baru berupa singkretisme Hindu-Islam. Walau tidak lama di Lombok, tetapi ajaran-ajarannya telah dapat memengaruhi beberapa pemimpin agama Islam yang belum lama memeluk agama Islam. Namun niat Kerajaan Gelgel untuk menaklukkan Kerajaan Selaparang terhenti karena secara internal kerajaan Hindu ini juga mengalami stagnasi dan kelemahan di sana-sini.[butuh rujukan]

Masuknya Kolonialisme[sunting | sunting sumber]

Kedatangan VOC Belanda ke Indonesia yang menguasai jalur perdagangan di utara telah menimbulkan kegusaran Gowa, sehingga Gowa menutup jalur perdagangan ke selatan dengan cara menguasai Pulau Sumbawa dan Selaparang. Untuk membendung misi kristenisasi menuju ke barat, maka Gowa juga menduduki Flores Barat dengan membangun Kerajaan Manggarai.[butuh rujukan]
Ekspansi Gowa ini menyebabkan Gelgel yang mulai bangkit tidak senang. Gowa dihadapkan pada posisi dilematis, mereka khawatir Belanda memanfaatkan Gelgel. Maka tercapai kesepakatan dengan Gelgel melalui perjanjian Saganing pada tahun 1624 yang isinya antara lain Gelgel tidak akan bekerja sama dengan Belanda dan Gowa akan melepaskan perlindungannya atas Selaparang yang dianggap halaman belakang Gelgel.
Akan tetapi terjadi perubahan sikap sepeninggal Dalem Sagining yang digantikan oleh Dalem Pemayun Anom. Terjadi polarisasi yang semakin jelas, yakni Gowa menjalin kerjasama dengan Mataram di Jawa dalam rangka menghadapi Belanda. Sebaliknya Belanda berhasil mendekati Gelgel, sehingga pada tahun 1640, Gowa masuk kembali ke Lombok. Bahkan pada tahun 1648, salah seorang Pangeran Selaparang dari Trah Pejanggik bernama Mas Pemayan dengan gelar Pemban Mas Aji Komala, diangkat sebagai raja muda, semacam gubernur mewakili Gowa, berkedudukan di bagian bara pulau Sumbawa.
Akhirnya perang antara Gowa dengan Belanda tidak terelakkan. Gowa melakukan perlawanan keras terutama dibawah pimpinan Sultan Hasanuddin yang dijuluki Ayam Jantan dari Timur. Sejarah mencatat Gowa harus menerima perjanjian Bungaya pada tahun 1667. Bungaya adalah sebuah wilayah yang terletak disekitar pusat kerajaan Gelgel di Klungkung yang menandai eratnya hubungan Gelgel-Belanda. Konon Gelgel berusaha memanfaatkan situasi dengan mengirimkan ekspedisi langsung ke pusat pemerintahan Selaparang pada tahun 1668-1669, tetapi ekspedisi tersebut gagal.
Sekalipun Selaparang unggul melawan kekuatan tetangganya, yaitu Kerajaan Gelgel, namun pada saat yang bersamaan, suatu kekuatan baru dari arah barat telah muncul pula. Embrio kekuatan ini telah ada sejak permulaan abad ke-15 dengan datangnya para imigran petani liar dari Karang Asem (Bali) secara bergelombang dan mendirikan koloni di kawasan Kotamadya Mataram sekarang ini. Kekuatan itu telah menjelma sebagai sebuah kerajaan kecil, yaitu Kerajaan Pagutan dan Pagesangan yang berdiri pada tahun 1622.
Namun bahaya yang dinilai menjadi ancaman utama dan akan tetap muncul secara tiba-tiba yaitu kekuatan asing, Belanda yang sewaktu-waktu akan melakukan ekspansi. Kekuatan dari tetangga dekat diabaikan, karena Gelgel yang demikian kuat mampu dipatahkan. Sebab itu sebelum kerajaan yang berdiri di wilayah kekuasaannya di bagian barat ini berdiri, hanya diantisipasi dengan menempatkan pasukan kecil di bawah pimpinan Patinglaga Deneq Wirabangsa.
Di balik itu memang ada faktor-faktor lain terutama masalah perbatasan antara Selaparang dan Pejanggik yang tidak kunjung selesai. Hal ini menyebabkan adanya saling mengharapkan peran yang lebih di antara kedua kerajaan serumpun ini atau saling lempar tanggung jawab. Dalam kecamuk peperangan dan upaya mengahadapi masalah kekuatan yang baru tumbuh dari arah barat itu, maka secara tiba-tiba saja, tokoh penting di lingkungan pusat kerajaan, yaitu patih kerajaan sendiri yang bernama, Raden Arya Banjar Getas, ditengarai berselisih pendapat dengan rajanya. Raden Arya Banjar Getas akhirnya meninggalkan Selaparang dan hijrah mengabdikan diri di Kerajaan Pejanggik yang dulu (Kerajaan Pejanggik) berada di Daerah Pejanggik yang berada di Kecamatan Jonggat
Atas prakarsanya sendiri, Raden Arya Banjar Getas dapat menyeret Pejanggik bergabung dengan sebuah Ekspedisi Tentara Kerajaan Karang Asem yang sudah mendarat menyusul di Lombok Barat. Semula berdasarkan informasi awal yang diperoleh, maksud kedatangan ekspedisi itu akan menyerang Kerajaan Pejanggik.
Namun dalam kenyataan sejarah, ekspedisi itu telah menghancurkan Kerajaan Selaparang karena wilayah tersebut dapat ditaklukkan hampir tanpa perlawanan, sebab sudah dalam keadaan sangat lemah. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1672. Pusat kerajaan hancur dan rata dengan tanah serta raja beserta seluruh keluarganya mati terbunuh.
Selaparang jatuh hanya tiga tahun setelah menghadapi Belanda. Empat belas tahun kemudian, pada tahun 1686 Kerajaan Pejanggik dibumi hanguskan oleh Kerajaan Mataram Karang Asem. Akibat kekalahan Pejanggik, maka Kerajaan Mataram mulai berdaulat menjadi penguasa tunggal di Pulau Lombok setelah sebelumnya juga meluluh lantakkan kerajaan-kerajaan kecil lainnya.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Nusa Tenggara Barat terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, memiliki luas wilayah 20.153,15 km2. Terletak antara 115° 46' - 119° 5' Bujur Timur dan 8° 10' - 9 °g 5' Lintang Selatan. Selong merupakan kota yang mempunyai ketinggian paling tinggi, yaitu 148 m dari permukaan laut, sementara Raba terendah dengan 13 m dari permukaan laut. Dari tujuh gunung yang ada di Pulau Lombok, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi dengan ketinggian 3.775 m, sedangkan Gunung Tambora merupakan gunung tertinggi di Sumbawa dengan ketinggian 2.851 m.

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

Kabupaten/Kota[sunting | sunting sumber]

10. Kota Bima

Iklim[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan data statistik dari lembaga meteorologi, temperatur maksimum pada tahun 2001 berkisar antara 30,9° – 32,1 °C, dan temperatur minimum berkisar antara 20,6° - 24,5&degC. Temperatur tertinggi terjadi pada bulan September dan terendah ada bulan November. Sebagai daerah tropis, NTB mempunyai rata-rata kelembaban yang relatif tinggi, yaitu antara 48 - 95 %.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

UtaraLaut Flores
SelatanSamudra Hindia
BaratProvinsi Bali
TimurProvinsi Nusa Tenggara Timur

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Kabupaten dan Kota[sunting | sunting sumber]

No.Kabupaten/KotaPusat pemerintahanBupati/Wali KotaKecamatanKelurahan/desaLogo
West Nusa Tenggara COA.svg
1Kabupaten BimaWohaIndah Damayanti PutriDaftar kecamatanDaftar desa
Lambang Kabupaten Bima.png
2Kabupaten DompuDompuBambang M. YasinDaftar kecamatanDaftar desa
Lambang Kabupaten Dompu.jpg
3Kabupaten Lombok BaratGerungFauzan Khalid (Plt.)Daftar kecamatanDaftar desa
Lambang Kabupaten Lombok Barat.jpeg
4Kabupaten Lombok TengahPrayaSuhaili FTDaftar kecamatanDaftar desa
Lambang Kabupaten Lombok Tengah.gif
5Kabupaten Lombok TimurSelongAli Bin DachlanDaftar kecamatanDaftar desa
Lambang Kabupaten Lombok Timur.jpg
6Kabupaten Lombok UtaraTanjungNajmul AkhyarDaftar kecamatanDaftar desa
Lambang Kabupaten Lombok Utara.png
7Kabupaten SumbawaSumbawa BesarHusni JibrilDaftar kecamatanDaftar desa
Lambang Kabupaten Sumbawa.png
8Kabupaten Sumbawa BaratTaliwangW. MusyafirinDaftar kecamatanDaftar desa
Lambang Kabupaten Sumbawa Barat.png
9Kota Bima-Qurais H. AbidinDaftar kecamatanDaftar kelurahan
COA Bima.jpg
10Kota Mataram-Ahyar AbduhDaftar kecamatanDaftar kelurahan
Lambang Kota Mataram.png

Daftar gubernur[sunting | sunting sumber]

No
Gubernur
Mulai Jabatan
Akhir Jabatan
Ket.
Wakil
Gubernur
1
Ruslan Tjakraningrat.jpgRuslan Tjakraningrat
14 Agustus 1958
1963
Tidak ada
1963
1968
2
Wasita-kusumah.jpgH.R. Wasita Kusumah
1968
1973
1973
1978
3
Gatot-suherman.jpgGatot Suherman
1978
1983
1983
1988
4
Warsito-ntb.jpgWarsito
1988
1993
1993
1998
5
Harun arrasyid - ntb governor.pngHarun Al Rasyid
1998
2003
6
Lalu Serinata.jpgLalu Serinata
31 Agustus 2003
1 September 2008
H.B. Thamrin Rayes
7
Majdi Gubernur NTB.jpgM. Zainul Majdi
8 September 2008
8 September 2013
Badrul Munir
8 September 2013
petahana
Muhammad Amin

Perwakilan[sunting | sunting sumber]

NTB mengirim 10 wakil ke DPR RI dan empat wakil ke DPD.
DPRD NTB hasil Pemilihan Umum Legislatif 2014 tersusun dari sebelas partai, dengan perincian sebagai berikut:
PartaiKursi %
Partai Golkar11-
Partai Demokrat8-
Partai Gerindra8-
PKS6-
PPP6-
PDI-P5-
PAN5-
Partai Hanura5-
PKB5-
Partai NasDem3-
PBB3-
Total65100,0
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Nusa_Tenggara_Barat

12 Tempat Wisata Terindah di Lombok Nusa Tenggara Barat - Lombok merupakan sebuah nama pulau yang terdapat di Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok terletak di sebelah timur Pulau Bali. Pulau Lombok menyimpan berbagai obyek wisata yang tak kalah indahnya dengan Pulau Bali. Oleh karena itu saaat ini tempat wsiata di Pulau Lombok sudah banyak dijadikan sebagai alternatif wisata setelah Pulau Bali. Mungkin apabila dikembangkan secara serius, berbagai objek wisata di Pulau Lombok ini dapat sejajar dengan tempat wsiata di Pulau Bali. BErikut kami akan menampilkan 12 Tempat Wisata Terindah di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.


1. Gunung Rinjani


Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi  kedua di Indonesia setelah puncak Jayawijaya. ketinggian Gunung Rinjani adalah mencapai 3,700 meter. Dengan ketinggian tersebut butuh waktu sekitar 4-5 hari untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Pastinya akan mejadi petualangan yang seru apabila dapat mencapai puncak Gunung ini. Ditambah dengan pemandangan alamnya yang sangat mempesona dan luar biasa. Di puncak Gunung Rinjani terdapat segara anak, yaitu sebuah danau kawah di puncak gunung.

2. Pura Batu Bolong

Tempat Wisata di Pulau Lombok yang juga sudah terkenal adalah Pura batu Bolong. Pura Batu Bolong berdekatan dengan lokasi wisata Pantai Senggigi. Dinamakan Pura Batu Bolong karena di tempat ini berdiri sebuah pura diatas batu karang yang besar. batu karang ini memiliki lubang di bawahnya. Jadi gambaran umumnya Pura Batu Bolong ini seperti Pura Tanah Lot di bali. Pemandangan Pura Batu Bolong akan nampak lebih dramatis apabila pada saat matahari terbit atau tenggelam di sore hari.

3. Pantai Senggigi

Wisata Pulau Lombok lainnya yang tak kalah populer adalah Pantai Senggigi. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Pantai Senggigi bisa dikatakan miri dengan Pantai Kuta Bali. Pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang serta hamparan pasir putih yang luas. Ombak di pantai Senggigi cukup tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan Snoorkling dan berenang. Pengembangan pariwisata di Pantai Senggigi ini sudah cukup bagus. Hal itu ditandai dengan sudah lengkapnya fasilitas yang ada di Pantai Senggigi dari mulai restoran, hotel, alat transportasi dll.

4. Taman Narmada

Taman Narmada merupakan taman yang dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727 sebagai tempat untuk peristirahatan para raja dan sebagai tempat pelaksanaan upacara resmi kerajaan. Lokasi Taman Narmada adalah di Desa Lembuak atau 10 kilometer dari Kota Mataram sebelah timur. Di tempat ini sekarang menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan, karena dapat menyaksikan taman peninggalan kerajaan dan menikmati keindahan banunan yang megah. Di lokasi wisata ini juga terdapat sumber mata air yang dipercaya penduduk sekitar dapat membuat awet muda.

5. Air Terjun Sendang Gile

Tempat Wisata Lombok Air Terjun Sendang Gile sering disebut juga Air Terjun Sendang Gila. Lokasi wisata ini adalh terletak di Desa Senaru atau di kawasan Gunung Rinjani. Jarak Air Terjun Sendang Gile dengan Kota Lombok adalah sekitar 60 km. Seperti halnya suber air di Taman Narmada, Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya dapat menambah awet muda.

6. Danau Segara Anak

Danau Segara anak sebearnya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Gunung Rinjani. Danau Segara anak memiliki pemandangan yang sangat bagus, yaitu berupa danau yang dikelilingi perbukitan yang tinggi. Untuk mencapainya tidaklahmudah, karena diperlukan perjalanan dengan berjalan kaki selama 9 jam. Medan yang berat dan melelahkan akn terbayarkan saat melihat secara langsung tempat wisata Danau Segara Anak ini.

7. Gili Trawangan

Di sekitar Pulau Lombok terdapat 3 buah gili atau pulau kecil yang letaknya saling berdekatan. Ketiga Gili tersebut adalah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Dari ketiga gili tersebut Gili Trawangan merupakan Gili yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Keindahan alam yang ditawarkan dari Gili trawangan adalah berupa pantai yang putih bersih serta taman lautnya yang sangat indah.

8. Pantai Kuta Lombok

Pernah berwisata ke Pantai Kuta di Bali ? Pantai Kuta Bali tak diragukan lagi memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Ternyata, Pantai Kuta tidak hanya terdapat di Pulau Bali, di Lombok pun juga ada Pantai yang bernama Pantai Kuta. Pantai Kuta Lombok menjadi Lokasi Tempat Wisata pantai yang sangat indah dan wajib dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi Pantai Kuta Lombok terdapat di Desa Kuta, Mataram NTB. Aktivitas yang dapat anda lakukan di Pantai Kuta Lombok adalah memancing, menyelam, snoorkling dan berkuda.

9. Patai Sire

Tempat wista pantai di Lombok ada banyak sekali. Lokasi tempat wisata pantai di Lombok memiliki pemandangan alam yang sangat bagus. Diantara keindahan alam Pulau Lombok adalah Pantai Sire. Pantai Sire terletak sekitar 35 km dari Kota Mataram. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sudah terkenal diantara para wisatawan. Hampir sama dengan Pantai Senggigi, di Lokasi Pantai sire kita dapat berenang, snoorkling, memancing bahkan bermain kano. Semua peralatan tu dapat anda dapatkan di sekitar lokasi pantai tentu saja dengan tarif tertentu.

10. Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi saat musim liburan tiba. Di lokasi tempat wsiata ini terdapat ratusan monyet yang hidup secara liar. Oleh karena itu apabila berkunjung ke daerah ini harap berhati-hati karena monyet yag hidup liar ini sering bermain di jalan dan tak jarang pula menyerang pengunjung

11. Batu Layar

Makam Batu layar merupakan sebuah wisata religi yang terdapat di Kecamatan Batu layar, kabupaten Lombok Barat. Lokasi Makam batu Layar tepatnya adalah di kawasan wisata Pantai Senggigi. Menurut masrarakat setempat di tempat ini terdapat makam dari seorang tokoh bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami. Tokoh ini berperan dalam penyebaran Agama Islam di Lombok. Oleh karena itu masyarakat Lombok sangat menghormati makam beliau ini.

12. Pantai Sekotong


Satu lagi pantai yang terdapat di Pulau Lombok yang memiliki pemandangan yang sangat menawan. Meskipun tidak sepopuler dibanding Pantai Senggigi, namun Pantai Sekotong ini tetap menjadi tujuan wisata yang cukup ramai di Lombok. Pantai Sekotong beralamat di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara barat. Di kawasan ini sebenarnya ada beberapa pantai yang memiliki pemandangan yang bagus, namun sebagian belum bernama dan belum terkenal karena lokasinya yang sedikit tersembunyi.

 Demikian tadi 12 Tempat Wisata Terindah di Lombok Nusa Tenggara Barat yang sudah terkenal di Indonesia, semoga dapat dijadikan sumber rujukan bagi anda yang merencanakan berlibur ke Lombok. 
Sumber : http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id/2015/01/12-tempat-wisata-terindah-di-lombok.html





20 Tempat Wisata di Lombok Barat yang Memukau


Tempat Wisata di Lombok Barat – Lombok barat dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Kota lombok sendiri terkenal dengan pesona lautnya yang sangat memukau. Memang pulau lombok barat dikelilingi oleh perairan laut yang sangat indah. Bahkan banyak tempat wisata Lombok Barat yang dijadikan syuting sinetron karena pesona wisatanya yang begitu indah dan menawan. Lombok berada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok barat juga dikenal dengan pulau seribu masjid sebab banyak masjid yang didirikan di pulau ini. Masyarakatnya yang mayoritas muslim membuat pulau ini dijuluki pulau sejuta masjid.  Pulau lombok dibagi menjadi 4 kabupaten. Kabupaten tersebut adalah Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan yang terbaru adalah Lombok Utara. Kali ini yang akan kita bahas adalah  tempat wisata di lombok barat.

Tempat Wisata di Lombok Barat

Sebelum mengetahui tempat wisata apa saja yang ada di Lombok ada baiknya kita mengenal lebih dekat dengan pulau lombok terlebih dahulu. Di Lombok, kebudayaan masih sangat terjaga dengan baik.  Misalnya suku sasak di lombok masih ada sampai sekarang. Desa Sade adalah desa yang tertua di Suku Sasak, kini desa yang ada di Suku Sasak telah menjadi 9 kampung atau desa. Desa Suku Sasak didiami oleh 150 orang dan ada 150 kepala keluarga yang biasanya didiami oleh 700 penduduk.  Membahas soal pernikahan, pernikahan antara Suku Sasak dinilai lebih ekonomis jika dibandingkan pernikahan antara Suku Sasak dengan luar Suku Sasak.  Sedangkan tempat wisata di lombok barat kebanyakan adalah wisata agraris atau pantai dan laut. Wisata lautnya yang biru dan hijau membuat kota Lombok semakin menarik.

1. Wisata Pantai Senggigi

Wisata Pantai Senggigi Lombok
Wisata Pantai Senggigi Lombok
Pantai Senggigi merupakan salah satu tempat wisata di lombok barat yang begitu terkenal, tidak hanya di dalam negeri tapi di luar negeri juga terkenal. Letak pantai tersebut tidak jauh dari ibukota Nusa Tenggara Barat yaitu Mataram.  Jarak pantai ini dari bandara Ampenan akan memakan waktu selama setengah jam perjalanan.  Pantai ini memiliki nuansa laut yang sangat indah. Hamparan pasir putih yang indah dio sepanjang pantai membuat pantai ini semakin menawan. Warna lautnya yang biru dan batu karang yang dangkal membuat pantai ini menarik wisatawan untuk bermain dengan air lautnya.
Di sepanjang Pantai Senggigi ini banyak berdiri hotel berkelas dan berbintang. Sehingga wisatawan tidak perlu bingung untuk mencari tempat tinggal selama berwisata ke sini.  Tidak hanya hotel berbintang dan berkelas saja yang ada di sini namun hotel dengan kelas ekonomi pun ada. Sehingga wisatawan bisa memilih di hotel mana dia mau menginap. Pantai Senggigi luasnya memang tidak seluas dengan Pantai Kuta Bali namun ketika banyak wisatawan ke sini banyak wisatawan yang akan mengira nuansa di Pantai Senggigi seperti Kuta Bali.  Pantai di sini juga sangat asri dan sejuk.  Hal negatif ketika berada di pantai ini adalah kebersihan pantainya yang kurang terawat dan terjaga kebersihannya.
Untuk membuat suasana yang asri dan bersih tidak hanya dibuat oleh penjaga pantai dan masyarakat sekitar saja, namun pihak wisatawan juga memiliki andil yang besar untuk menciptakan suasana yang asri dan bersih. Jika tidak ada sampah yang berserakan tentunya membuat pemandangan dan suasana pantai semakin terawat dan terjaga. Tidak hanya menikmati dari pinggir pantainya saja, namun wisatawan da[at memanjakan diri dengan melakukan snorkling disebabkan ombaknya tidak terlalu besar dan ombaknya yang tenang.
Wisata bawah lautnya juga akan memanjakan wisatawan dikarenakan banyak terumbu karang dan hewan laut berada di bawah laut. Ombak besar juga ada namun karena terumbu karang yang besar berada di tengah laut maka hal tersebut yang menyebabkan ombak besar akan pecah di tengah laut dan menghantam batu karang tersebut.  Pantai ini menghadpa ke bagian selat Lombok. Selat ini akan menghubungkan pulau Lombok dengan Pulau Balu. Kontur pasir  Senggigi tergolong landai.  Sehingga tidak akan membahayakan wisatawan yang ingin bermain-main di sepanjang pantai.  Pantai Senggigi sangat eksotis dikarenakan pohon-pohon kelapa yang begitu banyak karena panoramanya begitu bagus, sunsetnya pun juga sangat bagus apabila dilihat dari pantai Senggigi.

2. Taman Narmada

Wisata Taman Narmada Lombok
Wisata Taman Narmada Lombok
Taman Narmada merupakan salah satu  tempat wisata di lombok barat yang juga menarik untuk dikunjungi hal ini dikarenakan lokasi wisatanya yang unik dan antik. Letak lokasi tempat wisata ini sekitar 10 km dari arah timur ibukota Nusa Tenggara Barat Mataram.  Tempat wisata ini meniru dari gunung Rinjani.  Pada wal abad ke 19 raja yang bernama Raja Anak Agung  membuat persembahyangan bernama Pura Suci Narmada. Setiap melakukan persembahyangan di Pura Suci Narmada dipimpin oleh seorang pendeta sehingga ketika melakukan sembahyang tidak perlu langsung ke Gunung Rinjani melainkan hanya di pura tersebut saja.
Pada saat ini taman tersbut terbuka untuk umum, sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk rekerasi bersama teman, sahabat maupun keluarga. Taman Narmada selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat weekend dan musim liburan tiba.  Di dalam taman tersebut terdapat mata air, menurut sejarahnya mata air tersebut dipercaya berguna untuk membuat seseorang yang membasuh muka di mata air tersebut awet muda dan panjang umur, bahkan mata air tersebut disebut dengan mata air awet muda. Asal usul taman narmada adalah taman yang pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat beristirahat dan mandi bagi keluarga raja.  Di taman ini memiliki kolam renang dan pura Hindu.

3. Taman Mayura

WIsata Taman Mayura Lombok
WIsata Taman Mayura Lombok
Tempat wisata di lombok barat ini memiliki jarak sekitar beberapa meter saja dari pusat perbelanjaan KotaMataram. Tempat wisata ini juga dinilai sebagai tempat wisata yang kaya akan seni, budaya dan juga sejarah. Semua sejarah kerajaan Hindu seolah terekam di tempat wisata ini. Kerajaan Hindu berjaya di pulu Lombok sekitar beberapa abad silam. Dilihat dari namanya, Taman Mayura bisa diibaratkan sebagai taman burung merak. Mayura berarti burung merak. Pemberian nama tersebut erat kaitannya dengan sejarah berdirinya taman tersebut. Sebelum dibangun  taman, dahulunya tempat tersebut adalah hutan lebat yang memiliki banhyak ular berbisa dan sangat berbahaya. Karena hal tersebut banyak raja memiliki rencana untuk meminta sahabatnya yang berasal dari Pakistan untuk mengusir ular-ular tersbut. Orang Pakistan yang dimintai pertolongan sang raja memutuskan untuk mengusir ular-ular tersebut menggunakan burung merak. Karena itulah tempat wisata ini diberi nama Taman Mayura yang artinya taman burung merak.
Ketika wisatawan mengunjungi lokasi wisata ini, hingar bingar seperti kota besar tidak akan dirasakan disini. Yang akan  ditemui wisatawan justru sebaliknya yaitu berupa kesan damai, tenang dan asri. Suasana sejuh, hijau dan sangat alami akan dirasakan oleh wisatawan yang berkunjung ke sini. Tidak hanya itu saja namun juga akan berjumpa dengan kolam yang berukuran besar.

4. Hutan Lindung Sesaot

Hutan lindung Sesaot Lombok Barat
Hutan lindung Sesaot Lombok Barat
Merupakan tempat wisata yang berada di desa Sesaot. Oleh sebab itu tempat wisatanya disebut dengan Hutan Lindung Sesaot. Hutan lindung ini berada di sebelah ujung timur kecamatan Narmada. Hutan lindung ini memiliki sungai yang berukuran jernih dan dingin. Di sana memiliki banyak lesehan yang menawarkan banyak makanan khas lombok yang menggugah selera. Lesehan tersebut didirkan diantara sela-sela pohon, sehingga kesannya begitu atraktif dan menarik. Banyak wisatawan yang ingin menikmati makanan khas lombok di lesehan ini.  Hutan lindung ini memiliki kesan yang begitu sejak dan tenang. Namun untuk datang ke tempat ini harus menggunakan kendaraan roda dua.

5. Kota Ampenan

Wisata Kota Ampenan Lombok Barat
Wisata Kota Ampenan Lombok Barat
Merupakan tempat wisata yang berada di kecamatan kota Mataram. Nusa Tenggara Barat dahulunya adalah pusat kota Lombok. Kota ini sebelah barat akan berbatasan dengan selat Lombok. Tempat wis
ata yang bisa ditemui ketika berada di sini adalah kota tua yang dijadikan peninggalan kota Lombok.  Di kota ini juga banyak kampung yang dijadikan sebagai wujud dari suku bangsa salah satu contihnya adalah kampung Bugis.

6. Bukit Malimbu

Wisata Bukit Malimbu Lombok Barat
Wisata Bukit Malimbu Lombok Barat
Bukit malimbu adalah dataran tinggi yang dijadikan sebagai terusan dari Pantai Senggigi, lokasi wisata ini letaknya di kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.  Di lokasi ini memiliki pasir putih sepanjang bukit. Jika kita berada di atas bukit, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang Indah dan mempesona. Matahari terbenam atau sunset akan terlihat jelas dari puncak atas.  Untuk menuju ke lokasi wisata ini, wisatawan harus membawa bekal makanan agar tidak lapar selama berwisata disini, hal ini disebabkan karena belum ada penyewaan maupun restaurant di lokasi wisata ini.

7. Pantai Kerandangan

Wisata Pantai Kerandangan lombok Barat
Wisata Pantai Kerandangan lombok Barat
Tidak hanya mempesona masyarakat kota Mataram, namun beberapa lapisan masyarakat lombok  maupun turis mancanegara sangat memukau wisatawan.  Saat liburan, lokasi wisata ini akan banyak dikunjungi olehh wisatawan.  Pantai ini lokasinya berada di sebelah utaranya Pantai Senggigi. Namun lokasi wisata ini sudah jatuh ke tangan investor, namun sangat terbengkalai. Oleh karena itu, pengelola pantai mulai mengurusi pantai tersebut dengan memungut retribusi kepada pengunjung yang akan berkunjung  ke lokasi wisata ini. Pedagang yang ada di sana pun juga ditarik retribusi sebesar 5 ribu rupiah setiap bulannya. Namun saat hari libur retribusi dinaikkan mengingat banyaknya warga yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini.

8. Pantai Batu Bolong

Wisata Pantai Batu Bolong Lombok Barat
Wisata Pantai Batu Bolong Lombok Barat
Pantai ini memiliki batu besar yang dijadikan sebagai bolongan di dalamnya.  Pantai ini terletak dari kuil Hindu yang ada di atas puncak.  Jika memandang ke bawah, wisatawan akan melihat selat lombok yang berada di gunung Agung. Lokasi wisata ini juga sering digunakan wisatawan untuk berjemur dan bersantai. Sunset jika dilihat dari lokasi wisata ini akan sangat indah dan menarik.

9. Taman Suranadi

Wisata Taman Suranadi Lombok Utara
Wisata Taman Suranadi Lombok Utara
Lokasi wisata ini adalah andalan wisata yang ada di pulau Lombok. Memang tidak ,mengherankan karena hal ini dikarenakan pemandangannya yang begitu indah dan menawan. Untuk menuju ke lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar sepeuluh menit dari bandara. Taman ini terletak di kecamatan Narmada.  Suasana sejuk, asri dan indah akan dirasakan oleh wisatawan selama berada di taman ini. Tidak hanya itu saja namun wisatawan juga akan dimanjakan dengan makanan khas lombok yang dijual di depan lokasi wisata.

10. Batu Layar

Wisata Pantai Batu Layar Lombok Barat
Wisata Pantai Batu Layar Lombok Barat
Batu Layar merupakan lokasi wisata yang sangat terkenal, hal ini dikarenakan batu layar merupakan tempat wisata di Lombok Barat yang merupakan tempat suci bagi penganut agama Islam.

11. Pulau Gili

Gili adalah pulau kecil yang begitu indah hal ini dikarenakan pemandangannya yang asri dan sejuk membuat pulau ini banyak dikunjungi. Ada tiga pulau kecil di sini yang sangat ramai dimunjungi, pulau tersebut adalah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

12. Pantai Sekotong

Wisata Pantai Sekotong Lombok Barat
Wisata Pantai Sekotong Lombok Barat
Pantai ini terletak di kecamatan Sekotong sehingga disebut sebagai Pantai Sekotong. Letaknya sekitar 60 km dari ibukota, memang sangat jauh dari ibukota Mataram namun pemandangan yang akan didapatkan wisatawan terbayarkan meski jarak tempuh yang jauh.

13. Gili Nanggu

Wisata Gili Nanggu Lombok Barat
Wisata Gili Nanggu Lombok Barat
Pulau ini merupakan pulau yang memiliki terumbu karang dan lautnya yang dangkal membuat wisatawan betah untuk menikmati pemandangan yang di sana.  Snorkling juga sangat bagus digunakan jika berada di lokasi wisata ini.

14. Desert Point

Lokasi wisata ini adalah tempat wisata di lombok barat yang digunakan sebagai surfing. Ombak lautnya yang menarik memuat banyak wisatawan ingin mencoba surfing di sini.

15. Gunung Rinjani

Wisata Gunung Rinjani Lombok
Wisata Gunung Rinjani Lombok
Gunung Rinjani merupakan lokasi wisata yang sudah diresmikan oleh pemerintah Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya dijadikan sebagai lokasi wisata saja namun gunung ini dijadikan sebagai taman nasional. Ekosistem di Gunung Rinjani sangat dijaga oleh pemerintah Nusa Tenggara Barat. Yang bisa dijadikan sebagai lokasi wisata adalah pemandangan Gunung Rinjani yang asri dan sejuk. Kawah yang ada di gunung tersebut juga menjadikan wisata di Gunung Rinjani semakin menarik dan banyak disukai oleh wisatawan yang berkunjung di sana. Gunung Rinjani ini merupakan gunung yang masih aktif, sehingga saat wisatawan ingin kesini namun kondisi gunung sedang siaga maka lokasi wisata ini akan di tutup sebab gas belerang dari kawah akan sangat tercium dan berbahaya.

16. Pantai Selong Belanak

Pantai ini sangat menawan karena memiliki pasir putih dan bersih, banyak terumbu karang di panati tersebut.

17. Pantai Tanjung Aan Lombok

Wisata pantai tanjung aan lombok barat
Wisata pantai tanjung aan lombok barat
Untuk menuju lokasi pantai tanjung ini dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam dari Kota Mataram. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan sangat berkarakter. Perjalanan selama setengah jam akan tidak terasa hal ini dikarenakan jalanan yang aspalnya begitu mulus dan halus sehingga perjalanan Anda akan dimudahkan.

18. Tanjung Bloam

Wisata tanjung bloam lombok utara
Wisata tanjung bloam lombok utara
Tanjung bloam adalah lokasi wisata yang digunakan sebagai relokasi penyu. Di lokasi wisata ini wisatawan akan banyak melihat penyu-penyu kecil, namun jika sesuai dengan masanya.

19. Rumah Adat Dusun Sade Lombok

Wisata Dusun Sade Lombok Barat
Wisata Dusun Sade Lombok Barat
Lokasi wisata ini terletak pada kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Masyarakat yang menghuni rumah ini adakah Suku Sasak yang merupakan suku asli pulau Lombok.  Dengan berkunjung ke lokasi wisata ini, wisatawan akan tahu bagaimana rumah adat yang ada di Dusun Sade.

20. Pura Lingsar

Wisata Pura Lingsar Lombok Barat
Wisata Pura Lingsar Lombok Barat
Tempat wisata di Lombok Barat ini merupakan pura yang digunakan sebagai tempat untuk beribadah. Pura ini digunakan untuk masyarakat yang beragama Hindu dan umat islam wetu telu sebagai tempat ketika merayakan hari besarnya dan menjalankan peribadatannya. Islam wetu telu adalah agama islam yang belum sempurna karena disebabkan oleh penyebaran agama islam yang saat itu belum sempurna masuk ke daerah Lombok Barat.
Sumber : http://www.tempatwisatadilombok.com/20-tempat-wisata-di-lombok-barat-yang-memukau/




10 Tempat Wisata Unik dan Menarik di Sumbawa


6642




sumber gambar: http://klikhotel.com/
Pulau Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat, Selat Sape di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Laut Flores di sebelah utara. Sebab letaknya yang dibatasi oleh banyak perairan, Pulau Sumbawa menjadi salah satu pulau yang kaya akan tempat-tempat wisata yang menarik, unik, dan cantik. Diantaranya:

1. Pulau Paserang




sumber gambar: pujiamuksita.blogspot.com
sumber gambar: pujiamuksita.blogspot.com

Pulau Paserang merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau yang diberi nama Gili Balu dengan delapan pulau berjajar di muka Pelabuhan Poto Tano. Untuk mencapainya hanya memerlukan lima belas menit menggunakan speed boat kecepatan sedang. Sebenarnya ada pulau lain yang sengaja diperuntukan untuk wisata yaitu Pulau Kenawa.  (Baca selengkapnya: Pulau Paserang)

2. Pelabuhan Tano




sumber gambar: www.jelajahsumbawa.com
sumber gambar: www.jelajahsumbawa.com

elabuhan Tano berada di sebelah barat Pulau Sumbawa. Pelabuhan ini adalah pelabuhan yang menjadi gerbang utama dan pintu masuk para sobat traveler yang akan mengunjungi Sumbawa dari Lombok. Cantiknya? Tak perlu ditanya. Hamparan laut biru dipagari bukit-bukit yang hijau nan gagah menjadi daya tarik tersendiri bagi Pelabuhan Tano ini. (Baca selengkapnya: Pelabuhan Tano)



sumber gambar: sekongang.com
sumber gambar: sekongang.com

Serupa permata, pantai yang berada di sudut Pulau Sumbawa ini belum banyak diketahui orang. Itulah sebabnya pantai ini terkesan eksotis dan seperti pantai pribadi. Pantai Sekongkang berada di Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Pantai Sekongkang ini tergolong pantai yang tersembunyi di sudut barat daya Pulau Sumbawa lho, sobat traveler. (Baca selengkapnya: Pantai Sekongkang)

4. Pulau Kenawa




Pulau Kenawa_6
sumber gambar: indahnya-ibupertiwi.blogspot.com

Pulau Kenawa dapat ditempuh dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat menaiki kapal feri dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Selanjutnya dari Pelabuhan Poto Tano sobat traveler menuju pelabuhan nelayan yang menyediakan jasa penyeberangan menuju Pulau Kenawa dengan tarif sekitar 400.000 rupiah yang dapat memuat sekitar 15 penumpang sekali angkut untuk perjalanan pulang pergi tanpa batas waktu.  (Baca selengkapnya: Pulau Kenawa)

5. Pantai Yoyo




sumber gambar: disparekraf.sumbawabaratkab.go,id
sumber gambar: disparekraf.sumbawabaratkab.go,id

Pantai Yoyo merupakan pantai  eksotik yang sering menjadi tempat bertelurnya berbagai jenis penyu. Banyak sekali jenis penyu yang mendarat di sana untuk bertelur lalu menyimpan dan memendam telur tersebut di pasir pantainya.  (Baca selengkapnya: Pantai Yoyo)

6. Dalam Loka




sumber gambar: http://picturerumahminimalis.com/
sumber gambar: http://picturerumahminimalis.com/

Sejarah ternyata tidak pernah tidak meninggalkan peninggalan yang memiliki nilai seni tinggi. Salah satunya bangunan Istana Tua Dalam Loka di Sumbawa ini. Istana yang berdiri kokoh di tengah Kota Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, ini  merupakan saksi sejarah yang memperlihatkan kejayaan Kesultanan Sumbawa pada zaman dulu. (Baca selengkapnya: Dalam Loka)

7. Pulau Moyo




Pulau Moyo_5
sumber gambar: lombok.panduanwisata.id

Pulau Moyo, pulau tersembunyi dengan beragam keindahan alamnya yang memikat. Pulau ini terletak di sebelah utara Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Perlu diketahui, pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata internasional yang sudah sangat mendunia bahkan mendiang Putri Diana juga pernah merasakan eksotisme pulau mungil ini.  (Baca selengkapnya: Pulau Moyo)

8. Pantai Sili-Maci




sumber gambar: http://klikhotel.com/
sumber gambar: http://klikhotel.com/

Pantai Sili dan Maci berlokasi di Dusun Teloi, Desa Mata, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa. Dua pantai ini letaknya memang sangat berdekatan sehingga lebih sering disebut sebagai Pantai Sili – Maci. PantaiSili – Maci ini dikenal memiliki gulungan ombak yang besar dan panjang sehingga pantai ini menjadi salah satu tujuan surfing(Baca selengkapnya: Pantai Sili Maci)

9. Pantai Maluk




sumber gambar: indonesia4ever.wordpress.com
sumber gambar: indonesia4ever.wordpress.com

Pantai Maluk terdapat di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari Pantai Maluk ini wisatawan bisa melihat pesona keindahan Teluk Maluk. Bukan hanya itu. Pantai Maluk kerap dijadikan oleh wisatawan sebagai arena berselancar.  Pecahan ombak di pantai ini menggulung hingga ketinggian di atas dua meter. Ombak tersebut terus bergulung-gulung hingga seolah menyedot para peselancar yang mencoba menaklukkannya. Tak heran apabila peselancar kelas dunia senantiasa mengagendakan kegiatan di Pantai Maluk. (Baca selengkapnya: Pantai Maluk)

10. Danau Satonda




sumber gambar: tukangbatoe.wordpress.com
sumber gambar: tukangbatoe.wordpress.com

Danau Satonda yang terletak di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat ini punya air yang rasanya lebih asin dari air laut. Tingkat kebasaan air danau ini lebih tinggi dari air laut. Kenapa air danau ini bisa asin? Pada saat letusan besar Gunung Tambora beberapa ratus tahun lalu, air laut yang berada di sekitar danau ini meluap dan terperangkap dalam danau. (Baca selengkapnya: Danau Satonda)
Sumber : http://www.travelmatekamu.com/2015/05/05/10-tempat-wisata-unik-dan-menarik-di-sumbawa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar